PUTAR OTAK

9 03 2009

Di berbagai media, sejak mulai dari angin krisis mendekat sampai saat ini, kita bisa mengamati berbagai upaya pemerintah untuk manalangi dana jaminan perusahaan-perusahaan finace terbesar Amerika. Para pebisnis pun meletakkan harapan tinggi pada pemerintah Indonesia untuk melancarkan proyek-proyek stimulus.

Tentunya kita jadi bertanya-tanya, sebatas mana pemerintah beserta seluruh uang rakyatnya kuat dan perlu mempertanggungjawabkan, serta menutupi utang yang dihasilkan oleh permainan keserakahan sebagian orang? Mengapa solusi selalu diharapkan dari pemerintah? Bagaimana dengan tanggung jawab para pelaku bisnis? Bila pelanggan dan daya beli turun, apakah tidak ada upaya yang bisa dilakukan pelaku bisnis dan para profesional kecuali menunggu keadaan berubah atau uluran tangan? Sudahkah kita menajamkan pensil, lebih fokus dan berkonsentrasi untuk menjadi pemenag justru pada saat keterpurukan ini?

Sisihkan sebagian pemikiran ke jangka panjang

Kita sendiri pasti sangat memahami arti nasehat ahli ekonomi yang menyarankan untuk mengetatkan ikat pinggang, menjaga cash dan berusaha untuk sekedar mempertahankan kinerja pribadi maupun perusahaan. Pertanyaan bodohnya, bila semua orang dan semua perusahaan melakukan hal ini, siapa yang memikirkan keadaan jangka panjang kita? kita tentu sadar betapa pasar dan customer selalu memilih produk dan jasa terbaik. bila kita sibuk mempertahankan diri< dalam jangka waktu tiga sampai lima tahun ke depan kita tidak akan mempunyai daya kompetisi lagi.

[Sumber: kompas.co.id]


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: