JELAJAH JIWA

30 03 2009

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram”

(QS 13:28)

Agama merupakan unsur penting dalam pembinaan mental. Mental yang tumbuh tanpa agama belum tentu dapat mencapau integritas, karena kurangnya ketenangan jiwa. Al Qur’an dan Hadist membagi empat macam nafs (jiwa) menurut tingkatan kualitasnya; zaskiyyah (jiwa yang masih suci), al ammarah bissu (jiwa yang cenderung masih dkuasai nafsu), al lawwamah (jiwa yang sudah bisa mengendalikan nafsu namun belum sempurna) dan al muth mainah (jiwa yang sudah mencapai ketenangan). Sistem nafsani manusia sendiri terdiri dari elemen-elemen gaib; qalb (selain bermakna fisik; hati / jantung, juga bersifat fluktuatif (sifat baik dan buruk yang mendominasi bergantian), ‘aql (akal), ruh (jiwa / nyawa / wahyu), basyirah (hati nurani) dan fitrah.

Semua unsur yang menjadi subsistem dari sistem nafsani ini memiliki fungsi masing-masing yang di ikat perasaan dan pikiran, saling berinteraksi menyusun suatu reaksi terhadap rangsang dari dalam diri maupun luar, lalu menghasilkan tingkah laku sebagai hasil akhir. Keseluruha sistem jiwa tidak dapat dipisahkan dari sistem fisik yang merpakan satu kesatuan menentukan perilaku manusia. Hasil akhir tersebut sangat dipengaruhi tingkat-tingkat perkembangan masing-masing unsur terutama nafs, qalb dan aql sejak manusia lahir sampai dewasa. Tingkat kematangan perkembangan itu ditentukan pula oleh pembawaan, pendidikan, lingkungan sosial budaya dan pengalaman pribadi masing-masing manusia…..


Aksi

Information

3 responses

4 04 2009
trinil

mrinding mas aku baca Arti dari QS 13:28, yang mas tulis diatas.
N aku sepakat dengan yang mas utarakan.
Terimakasih dah ingetin makhluk yang jarang bersyujur ini.

5 04 2009
rizki pratama

@trinil
Alhamdulillah yang penting kita hidup harus di landasa rasa sabar & syukur disertai iman dan taqwa…..
Insya Allah hidup akan menjadi tenang dan damai…….
Thanks ya dah mampir ke blog saya mudah2an tidak membosankan…..

8 04 2009
trinil

Amien…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: